Loading...

Jumat, 26 Oktober 2012

Rangkuman Materi
Berdasarkan UUD 1945 pasal 1 ayat (1). “Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik.”
-          Negara kesatuan adalah Negara yang di dalamnya hanya ada satu kekuasaan pemeritahan yaitu pemerintahan di tangan pemerintahan pusat.
-          Sejak bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia bertekad hidup merdeka dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
-          NKRI adalah Negara kepulauan yang wilayahnya membentang dari Sabang sampai Merauke, terdiri dari beragam suku, adat budaya, dan agama tetapi merupakan satu kesatuan poleksosbudhankam.
-          Negara Indonesia terletak pada posisi silang diantara Benua Asia dan Australia serta dua Samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, Sedangkan secara astronomis, Indonesia terletak antara 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT.
Untuk menyatukan berbagai ragam perbedaan, bangsa Indonesia berpedoman pada semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang diambil dari kitab Sotasoma karangan Mpu Tantular.
-          Bhineka Tunggal Ika artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu juga.
-          Dalam memperjuangkan kesatuan wilayah Indonesia dibutuhkan rasa persatuan dan kesatuan yang kokoh dari setiap warga negara.
-          Beberapa alat pemersatu bangsa diantaranya : Pancasila, Bahasa Indonesia, Lagu kebangsaan Indonesia Raya, Bendera Merah Putih dan Burung Garuda.
-          Bagi bangsa Indonesia, Pancasila mempunyai peranan penting, yaitu sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, dan merupakan penyaring (filter) terhadap segala pengaruh yang datang dari luar.
-          Rumusan Pancasila yang sah terdapat dalam Pembukuan UUD 1945 alenia IV yang disahkan PPKI tanggal 18 – Agustus – 1945.
-          Burung Garuda ditetapkan sebagai lambang Negara Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 1951 pada tanggal 17 Oktober 1951.
-          Burung Garuda adalah lambang kekuatan dan kekuasaan.
-          Bulu sayap 17 helai, bulu ekor 8 helai, dan 45 helai pada burung garuda sebagai pengingat hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 – Agustus – 1945.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar